3.25.2015

Penangkal Petir Rumah

Penangkal Petir Rumah - Kita tahu bahwa Negara Indonesia merupakan Negara aktif akan petir. Bagi kita yang tinggal di daerah yang banyak petir, mungkin kita sudah sering melihat kiltan cahaya dan suara gemuruh yang ditimbulkan oleh petir. Dan jika petir yang terjadi dekat dengan tempat kita berada sering merasakan adanya semacam sengatan listrik ke tubuh kita.

Jasa Pasang Penangkal Petir Bandung
Secara teoritis petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. 

Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron). dimana  muatan akan diteruskannya ke bumi.Karena sifat petir adalah meneruskan muatan ke bumi, maka muatan akan mengejar tempat paling dekat padanya sebagai penghantar ke bumi. 

Langkah - Langkah Mengatisipasi Sambaran Petir Pada Rumah Kita


Untuk mengantisipasi resiko bilamana petir berada dekat rumah kita, perlu membuat sistem penangkal petir (grounding system) di rumah kita. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi resiko kita dari sambaran petir dan juga barang barang elektronik  dari arus lebih yang diakibatkan oleh petir yang mengenai sekeliling rumah.

Tetapi dengan pembuatan penangkal petir berarti bukan 100% membuat kita aman dari resiko petir tersebut. Dengan memasang penangkal petir/penyalur petir, setidaknya kita telah meminimalisir sambaran petir ke tempat (rumah, kantor, pabrik) kita.

Berikut uraian bagaimana membuat sistem instalasi penangkal petir elektrostatis yang bisa diterapkan di bangunan rumah tinggal.

Bagian - Bagian Penangkal Petir Rumah ?

Secara umum bagian dan sistem pemasagan penangkal petir adalah sebagai berikut :
  1. Batang Penangkal Petir, sering disebut Terminal Head
  2. Pengkabelan (Konduktor) Adalah merupakan penghantar aliran dari penangkal petir ke pembumian  (pentanahan). Kable yang digunakan untuk yang jauh dari jangkauan  biasanya jenis kabel BC  ( kabel tembaga terbuka) dan untuk yang mudah dalam jangkauan menggunakan kabel NYY atau NYA  (kabel tembaga terbungkus). 
  3. Pembumian/ Pentanahan Adalah bagian yang meneruskan hantaran ke tanah. Menggunakan sejenis pipa tembaga (cooper rod) diameter 1/2 inch panjang 3-4 m.

Cara Pemasangan Panangkal Petir Rumah

Sistim Pemasangan Instalasi Penangkal Petir Rumah dan Pembumian :

  • Terminal Head adalah bagian yang sangat penting untuk pemasangan instalasi petir ini, biasanya ditempatkan di atas bangunan rumah atau tower maupun tiang tunggal monopole 15-20m.
  • Kabel Konduktor untuk mengamankan tegangan lebih dari jaringan listrik, anda bisa menambah arester di sistim instalasi listrik, dimana arester  kemudian di hubungkan ke terminal grounding dengan menngunakan kabel BC/NYY ukuran 10-20 mm.
  • Box Kontrol Terminal adalah pusat yang menghubungkan beberapa kabel sebelum diteruskan ke pembumian / pentanahan. Bahan terminal dapat menggunakan plat tembaga dengan ukuran 10 x 30 cm.Terminal bisa dibuatkan diluar bangunan rumah dengan menempatkannya di sebuah bak kontrol. Kemudian terminal dihubungkan ke sistim pembumian dengan menggunakan kabel BC/NYY/NYAF ukuran 15-50 mm.
  • Grounding System : Sebagaimana persyaratan dalam pentanahan dimana dianjurkan nilai tahanan sistem pembumian adalah dibawah 3 ohm untuk kemanan barang-barang elektronik . Pada dasarnya untuk sistim pembumian yang bagus adalah berhubungan dengan tanah dimana pipa dipasangkan, dimana kekedapan tanah yang tinggi adalah tempat yang paling bagus untuk mendapatkan nilai tahanan pembumian yang rendah. Dianjurkan tidak menanam pipa didaerah berpasir ataupun berbatu, karena biasanya nilai tahanan pembumian akan semakin tinggi.
  • Test Commisioning : Untuk mendapat nilai maksimal dengan resistansi rendah, sistem pembumian dapat ditambahkan dengan memasangkan cooper plate yang ditanamkan bersamaan dengan bentonite.


Penangkal Petir Bandung


Pertanyaan umum yang sering muncul ketika hendak memasang penangkal petir / penyalur petir adalah :

Harga Penangkal Petir

Berapa harga pemasangan penangkal petir ? Itulah pertanyaan umum yang sering terdengar, harga penangkal petir sangat berpariatif tergantung jenis penangkal petir yang akan di aplikasikan dalam bangunan, letak geografis, luas area bangunan dan tergantung juga dengan system penangkal petir yang akan di pakai.

Jenis Penangkal Petir

Apa saja jenis penangkal petir ?

Untuk jenis penangkal petir yang terbaik dan berkualitas, ada beberapa jenis, yaitu:

Diatas adalah nama-nama terminal head penangkal / penyalur petir yang sudah diakui, teruji, dan memiliki sertifikat internasional.

Keuntungan Memasang Penangkal Petir


Apa saja keuntungan memasang penangkal petir?

Banyak keuntungan yang di dapat dari pemasangan instalasi penangkal petir.

  • Terhindar dari sambaran petir
  • Rumah, kantor, pabrik aman dari sambaran petir
  • Lebih tenang
  • Meminimalisir barang elektronik terkena sambaran petir
  • Dan masih banyak lagi.

Layanan Pasang Penangkal Petir Profesional di Bandung

Sarana Penangkal Petir atau yang dikenal sebagai CV. Profit Multi Sarana, adalah perusahaan unggulan di bidang jasa instalasi dan penyedia material penangkal petir di Indonesia.
Keahlian kami melibatkan tim sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berpengalaman, khususnya dalam instalasi penangkal petir, sistem grounding, dan penangkal petir internal (surge arrester).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar